Pengertian Pipa Air dan Ketahui Aplikasi Penggunaannya

 


Pipa merupakan sebuah benda yang berbentuk selongsong, serta memiliki banyak kegunaan, jadi jika namanya adalah pipa air, tentu fungsinya adalah untuk mengalirkan air. Akan tetapi selain mengalirkan air, pipa juga bisa digunakan untuk mengalirkan berbagai macam cairan lain, bahkan juga berbagai jenis gas.

Sebenarnya di berbagai negara mereka menerjemahkan pipa dalam berbagai kategori, ada yang mengidentikannya dengan alat musik, bahkan juga rokok. Akan tetapi pipa dalam bahasa Indonesia yang akan kita bahas kali ini adalah sebuah benda yang berbentuk selongsong, dan dibuat dengan menggunakan berbagai macam standart, serta diameter berbeda.

Sejarah Tentang Pipa

Sebenarnya memang tidak ada sejarah khusus yang mencatat tentang siapakah orang pertama yang menemukan pipa, atau pada kapankah pipa ditemukan pertama kali. Namun, entah bagaimana ceritanya, sesuatu bernama pipa menjadi satu kebutuhan untuk masyarakat luas, yang mana salah satu yang amat dibutuhkan oleh masyarakat ialah pipa air.

Di negara China, pipa telah menjadi bagian dari masyarakat bahkan sejak 3.000 tahun sebelum Masehi, dan sampai saat ini, masyarakat China masih kerap menggunakan pipa sebagai alat untuk mengalirkan air, juga mengalirkan udara untuk lahan pertanian mereka.

Roma adalah negara pertama yang mampu melakukan pemanfaatan pipa dengan lebih modern. Hal itu mereka wali pada 150 tahun sebelum Masehi. Di Eropa sendiri, pipa mulai menjadi kebutuhan karena mereka mengeluhkan buruknya sanitasi yang terjadi akibat ulah tikus, hal ini dirasakan oleh sekitar 90% masyarakat, pada tahun 1348.

 Dan, hingga saat ini nyatanya masyarakat masih amat membutuhkan kehadiran pipa, terutama pipa air. Karena, tanpa adanya pipa ini, maka pengaliran air bersedih di berbagai tempat jelas akan mengalami kesulitan. Dan untungnya, kini pipa telah bisa didapatkan dengan mudah, kapanpun Anda mau.

Aplikasi Penggunaan Pipa

Dengan majunya inovasi yang telah dilakukan, maka kini pipa memungkinkan semua orang untuk mengalirkan berbagai macam fluida, dengan baik dan sangat efektif, sebagaimana kebutuhan yang diperlukan oleh pengguna. Beberapa fluida yang kerap dialirkan adalah fluida cair, fluida gas, bahkan juga uap.

Jadi, bukan terdapat pipa air yang bertugas untuk mengalirkan air, berikut ini adalah beberapa fungsi dari pipa secara umum, mulai dari lingkup rumah tangga, industri, dan lain sebagainya. Silahkan simak untuk menambah wawasan yang Anda miliki saat ini :

1.    Sebagai Saluran Untuk Tenaga Pembangkit.

Tenaga pembangkit sendiri bisa berupa banyak jenis, mulai dari pembangkit tenaga air, hingga pembangkit tenaga uap. Semua jenis tenaga pembangkit membutuhkan pipa untuk menyalurkan fluidanya. Beberapa yang bisa ditemui dengan mudah adalah, tenaga pembangkit air, yang menggunakan pipa air.

 

2.    Industri Migas

Mustahil rasanya jika industri migas tidak membutuhkan pipa, karena salah satu cara untuk mengalirkan minyak dan gas adalah memang menggunakan pipa. Jadi, jangan heran jika masuk di pabrik migas, kalian akan bisa menemukan banyak sekali pipa dalam ukuran besar, yang jumlahnya tidak sedikit.

 

Selain dua fungsi di atas, fungsi lain dari pipa adalah untuk melakukan penyulingan minyak, media pengangkut minyak, media pemipaan tenaga nuklir, media pendinginan, juga untuk melakukan distribusi gas serta udara. Sangat banyak bukan fungsi dari pipa? Karenanya keberadaan benda yang satu ini memang tidak bisa dianggap rumah.

 

Anda bisa menemukan pipa dengan sangat mudah dimanapun Anda berada, termasuk di rumah Anda sendiri. Pasalnya, fungsi pipa memang benar-benar amat krusial. Salah satu kebutuhan pipa yang ada di rumah Anda adalah pipa air, baik bagi Anda yang pengguna PDAM, maupun yang menggunakan sumur bor. Beli pipa air dengan merek Rucika, harga terjangkau dan kualitas sudah terbukti selama 40 tahun di Indonesia!

Postingan populer dari blog ini

Penyebab dan Cara Mencegah Akun Facebook Anda Terblokir

Tindakan Yang Harus Dilakukan Sebelum Menutup Akun Sosial Media

Batasi Tampilan Status Facebook Masa Lalu Anda